Akhirnya Terungkap Menapa Bulu Kuduk Bisa Bediri?

Diposting oleh Unknown


WOWSADIS! Bulu kuduk merupakan bulu halus yang berfungsi melindungi kulit. Sebagian besar masyarakat kuno mengatakan bahwa bulu kuduk yang berdiri merupakan petanda adanya kehadiran makhluk halus, namun mitos akhirnya ini terbantahkan. Beberapa ilmuwan telah mengungkap penyebab sebenarnya fenomena tersebut.

Seperti dikutip wowsadis dari forum viva, ternyata penyebab fenomena ini adalah "reaksi terhadap bahaya" dalam diri seseorang. Hal ini pertama kali ditemukan oleh Walter B Cannon, fisiolog dari Harvard.
Ketika menghadapi bahaya, otak secara otomatis akan melepaskan hormon adrenalin ke seluruh tubuh. Adrenalin yang mengalir secara cepat menyebabkan jantung berpacu dengan cepat dan telapak tangan berkeringat.

Setelah adrenalin mengalir, otot pada lengan kita akan berkontraksi. Setiap otot yang berkontraksi membuat rambut di kulit itu berdiri dan agak menonjol. Selain rasa takut, suhu dingin juga dapat menyebabkan bulu kuduk berdiri.

BACA JUGA: Fakta Mengapa Tubuh Bisa Merinding Ketika Mendengar Suara Goresan Kukudi Papan Tulis ?

Fenomena ini juga terjadi pada hewan. Ketika kucing merasa terancam dengan kehadiran predator, bulu mereka secara otomatis akan berdiri untuk menakut-nakuti sang predator.

Seperti itulah sekiranya penyebab mengapa bulu kuduk bisa berdiri secara tiba tiba tanpa di sengaja. Apakah anda pernah merasakan hal demikian ? Mungkin sebagian orang yang merasa geli atau takut dengan sesuatu juga bisa merasakan berdirinya bulu kuduk.

Cari artikel ini di: bulu kuduk berdiri, bulu kuduk merinding perempuan misterius tertangkap kamera, bulu kuduk sering merinding, bulu kuduk merinding, maksud bulu kuduk, definisi bulu kuduk, misteri blogspot bulu kuduk, kenapa bulu kuduk bisa merinding

{ 0 komentar... or add one}


Posting Komentar